Jumat, 25 Maret 2016

Mari Sekilas Mengenal Penyakit Kanker Pada Tubuh Manusia

Mari Sekilas Mengenal Penyakit Kanker Pada Tubuh ManusiaKanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya, bisa merenggut jiwa penderitanya. Namun tahukah Anda apa itu kanker? Jika belum tahu, ada baiknya jika Anda mengenal penyakit kanker itu di sini.

Dewasa ini, sebutan kanker semakin sering terdengar. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar masyarakat telah mengalami kanker, entah itu kanker ringan atau kanker berat.

Penyakit yang satu ini berasal dari gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang buruk ini memicu masalah pada kerusakan pada sel, kemudian memunculkan masalah lanjutan yang bila tidak segera ditangani akan membahayakan jiwa.

Kanker ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja, ataupun dewasa. Begitupun juga kaum laki-laki atau kaum perempuan.

Ini berarti jika kanker layaknya sebagai penyakit yang umum terjadi, namun tidak bisa dipandang remeh karena bisa mengakibatkan kematian.

Di dalam ulasan mengenal penyakit kanker ini, mungkin Anda belum tahu banyak mengenai kanker itu sendiri. Makanya, mari perhatikan pengertiannya di bawah ini!

Apa itu kanker?

Kanker adalah sebuah gejala medis yang melibatkan adanya kelainan sel di dalam tubuh. Kelainan ini kemudian memunculkan permasalahan yang akan membuat penderitanya semakin parah.

Tanda dari kanker ini adalah tumbuhnya sel di dalam tubuh, namun tidak terkendali. Bahkan sampai pada waktunya berakhir (mati), sel tersebut tetap saja tumbuh.

Sebenarnya sel di dalam tubuh memang perlu sekali untuk tumbuh membentuk jaringan yang lebih baik. Namun jika Anda mengalami kanker, sel tersebut tumbuh tidak normal. Malahan akan tumbuh terus menerus sampai akhirnya mengakibatkan permasalahan yang lebih parah.

Lebih jelasnya, sel tersebut semakin meluas, menyebabkan sel-sel yang sehat terinvasi dan mati. Akibatnya, sel kanker ini semakin lebar dan menggerogoti tubuh.

Semakin meluasnya jaringan sel kanker ini dipengaruhi langsung oleh sistem infatik atau sirkulasi darah. Makanya, terkadang muncul juga kanker darah.

Kanker darah ini muncul ketika produksi sel darah putih melebihi kapasitas, atau lebih besar ketimbang sel darah merah.

Biasanya, penderita kanker darah ini akan merasa kesulitan dalam proses penanganannya. Makanya, hampir sebagian besar penderitanya akan memasuki ruang operasi.

Sementara itu, kanker jenis lainnya muncul akibat sel mengalami kerusakan atau putus. Kemudian bermigrasi ke sel-sel yang ada disekitarnya.

Ketika sel-sel ini semakin meluas di bagian tertentu misalnya otak, maka akan muncul kanker otak. Begitupun juga bila muncul pada bagian tulang atau bagian tubuh lainnya.

Perbedaan Mencolok Adanya Sel Kanker Di Dalam Tubuh

Di dalam mengenal penyakit kanker ini, Anda juga akan melihat adanya perbedaan yang mencolok antara sel yang sehat dan yang tidak sehat.

Sel yang sehat biasanya ditandai dengan matinya sel dalam kurun waktu tertentu. Biasanya sel ini akan mati ketika sel tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi.

Sementara bila terjadi kanker, sel dalam tubuh ini malah tidak bisa mati sebagaimana kondisi pada umumnya.

Sel tersebut malah tumbuh subur, meluas dan merusak sel-sel yang ada di sekitarnya. Akibatnya, terjadi perluasan sel yang mana tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Tanda kedua mengenai sel yang sehat adalah adanya keterkaitan sel yang sama-sama mendukung fungsi di dalam tubuh.

Jika Anda mengenal penyakit kanker ini, maka sel yang ada di dalam tubuh jelas tidak mendukung satu sama lainnya. Artinya, sel yang tadinya tumbuh menjadi jaringan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Malahan sel kanker ini akan bertindak sendiri, tidak saling mendukung fungsi sel tersebut di dalam tubuh. Makanya, ada keluhan yang biasa dialami oleh penderitanya.

Gaya Hidup Yang Memicu Kanker

Setelah Anda sedikitnya telah mengenal penyakit kanker tersebut, mari lanjutkan tentang apa saja yang bisa memicu terjadinya kanker.

Ada banyak hal yang akan memicu munculnya kanker di dalam tubuh Anda. Salah satunya adalah berasal dari gaya hidup yang buruk.

Seperti yang diketahui, gaya hidup di era modern ini cenderung ke arah yang negatif. Akhirnya, muncul berbagai jenis penyakit berbahaya, terutama kanker itu sendiri. Apa saja kebiasaan buruk tersebut?


  • Suka merokok


Hampir sebagian besar masyarakat mungkin pernah mencicipi rokok, alasannya bisa bermacam-macam seperti mengikuti pergaulan di sekitar.

Namun perlu diingat, merokok bisa memicu banyak penyakit. Karena di dalam rokok tersembunyi racun yang sangat besar, meskipun hanya satu hisapan saja, Anda sebenarnya telah menghisap banyak racun.

Racun inilah yang nantinya akan memicu kanker. Menyadari akan kebiasaan tidak baik, sudah sepantasnya Anda mulai mengurangi sekaligus menjauhinya saat ini juga.

  • Suka makanan berlemak


Dalam bahasan mengenal penyakit kanker ini, Anda dihadapkan pada kenyataan jika makanan berlemak menjadi sumber penyakit.

Makanan berlemak ini sulit untuk dinetralisir ketika sudah memasuki tubuh. Akhirnya, lemak tadi mulai menumpuk, menyebabkan jaringan tumbuh lebih cepat. Parahnya, proses pembuangannya terlihat lebih lamban sehingga masalah akan terjadi.

  • Sedikit bergerak


Gaya hidup yang terakhir adalah malas untuk bergerak. Kebiasaan ini juga tidak baik, karena bisa memicu tubuh menjadi gemuk.

Setelah kegemukan terjadi, segala bentuk permasalahan kesehatan akan segera terjadi, tidak terkecuali dengan kanker tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai mengenal penyakit kanker yang semakin marak, bahkan cenderung meningkat di kalangan masyarakat pada umumnya.

Artikel Terkait