Rabu, 30 Maret 2016

Mengenal Lebih Dalam Gejala Gejala Penyakit Kanker

Mengenal Lebih Dalam Gejala Gejala Penyakit KankerSebagian besar penderita kanker sebelumnya tidak memahami lebih dalam tentang gejala gejala penyakit kanker itu sehingga menyebabkan sel kanker terus berkembang.

Perkembangannya lebih cepat, merusak jaringan lain yang kemudian menurunkan fungsi tubuh itu sendiri. Bahkan sampai ada yang tidak tertolong karena tidak segera melakukan penanganan.

Ya, penyakit yang satu ini memang sangat berbahaya, termasuk dalam kategori penyakit mematikan bila tidak dilakukan penanganan secara langsung.

Namun harus diingat, penanganan ini sebaiknya dilakukan sewaktu terdeteksi adanya sel kanker pertama kali. Jika tidak, penyembuhan ini akan terasa sulit.

Bukan tidak mungkin, namun lebih pada penyembuhan yang cukup memakan waktu dan biaya yang tidak murah. Contohnya melakukan terapi kemoterapi untuk penderita kanker yang berada pada stadium lebih tinggi.

Nah, untuk menghindari terapi tersebut, penanganan langsung sewaktu muncul tanda kanker sangatlah direkomendasikan. Syaratnya adalah Anda tahu gejalanya.

Lalu apa saja gejala gejala penyakit kanker tersebut? Mari simak ulasan tentang tanda-tanda paling umum bila tubuh terdapat sel kanker di bawah ini!

Terjadi Pendarahan Hebat

Anda tentunya pernah melihat film atau sinetron yang menunjukkan bahwa pemainnya mengalami kanker. Dan biasanya diawali dengan memuntahkan darah.

Ini memang benar-benar terjadi. Hal tersebut merupakan tanda yang mana akan dialami oleh penderita kanker.

Pendarahan ini bisa terjadi pada tahap awal maupun tahap yang lebih parah. Dan untuk memastikannya, sering-seringlah memeriksakan diri setelah muncul pendarahan tersebut.

Pendarahan ini bisa muncul dari mana saja. Contohnya adalah melalui mulut yang mana mengindikasikan kanker paru-paru. Biasanya muncul bersama dahak.

Sementara bila Anda menemukan darah bersamaan dengan tinja, ini bisa menunjukkan bahwa sedang mengalami kanker rektum. Namun masalah ini bisa saja bukan kanker, namun bisa penyakit lainnya.

Intinya, bila Anda mengalami pendarahan yang tidak lazim, baik melalui mulut, atau bagian tubuh lainnya, segeralah untuk memeriksakan diri.

Warna Kulit Berubah Menjadi Lebih Gelap

Salah satu gejala gejala penyakit kanker lainnya bisa dilihat dari perubahan warna kulit. Perubahan ini tidak hanya melulu lebih gelap. Namun yang pasti, ada indikasi jika kulit mengalami perubahan yang tak lazim.

Perubahan warna kulit ini bisa terjadi bagian apa saja. Contohnya bibir atau mulut yang biasanya dialami oleh perokok, pengunyah tembakau, dan lain sebagainya. Perubahan ini juga menunjukkan bahwa ada tanda kanker mulut.

Intinya, perubahan warna kulit yang tak lazim ini menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami kanker kulit. Jadi, perhatikan saja apakah Ada bagian tertentu yang berubah warna secara tak lazim atau tidak.

Demam Berkepanjangan

Demam menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak sehat. Dan biasanya demam ini dianggap sebagai gejala biasa saja.

Namun dibalik itu semua, demam juga menjadi salah satu dari gejala gejala penyakit kanker ini. Hal yang melatarbelakangi bahwa kanker bisa menyebabkan demam adalah sistem kekebalan tubuh mulai menurun.

Selain demam, rasa nyeri juga biasanya dirasakan oleh penderita kanker. Hanya saja, rasa nyeri ini biasanya akan dirasakan sewaktu kanker mulai menjalar di dalam tubuh dan merusak jaringan lainnya.

Penurunan Berat Badan Tak Lazim

Turun berat badan bukannya membuat bahagia, malahan bisa membuat duka. Terutama bagi Anda yang sudah lama memimpikan untuk menurunkan berat badan.

Memang masalah ini bisa dialami oleh Anda yang memiliki masalah kegemukan. Karena masalah ini bisa berujung pada munculnya kanker.

Dan ketika kanker mulai menyebar, Anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan yang cepat. Yang lebih mengherankan, Anda tidak melakukan hal apapun seperti diet ketat.

Bilamana Anda melakukan diet, hal tersebut bisa saja terlihat wajar. Namun bukan berarti bahwa hal tersebut merupakan berita gembira. Anda perlu menyadari gejala gejala penyakit kanker tersebut.

Tubuh mengalami penurunan berat badan yang signifikan, bahkan terasa sangat cepat adalah hal yang wajib Anda curigai.

Penurunan berat badan yang cepat ini dipicu oleh pemanfaatan lemak yang tersimpan pada otot. Lemak tadi kemudian diserap, dijadikan sebagai energi sehingga lemak akan tersedot lebih cepat.

Muncul Bintik Putih Pada Lidah

Salah satu gejala gejala penyakit kanker yang juga tidak boleh diabaikan adalah munculnya bintik putih pada bagian lidah.

Tanda ini didapatkan dari iritasi pada mulut, kemudian iritasi tersebut tidak segera diobati. Lambat laun muncul sebuah bintik-bintik pada lidah.

Normalnya, tanda-tanda tersebut akan terlihat cukup lama. Akhirnya, masalah yang terjadi adalah kanker mulut atau yang biasa disebut dengan Leukoplakia.

Nah, bila bagian tubuh Anda muncul salah satu tanda tersebut, ada baiknya jika Anda mulai melakukan pemeriksaan dan melakukan penanganan dini.

Pasalnya, penanganan dini merupakan salah satu obat paling ampuh ketimbang bila telah masuk ke tahap lanjutan. Tujuannya adalah untuk segera mematikan sel kanker tersebut supaya tidak menyebar luas ke dalam tubuh.

Dengan tahu apa saja gejalanya, Anda akan tahu apa yang sebaiknya dilakukan pertama kali. Hal ini setidaknya akan membantu Anda dalam menghindari resiko paling utama dari munculnya kanker tersebut. Jadi, kenali lebih lanjut tentang gejala gejala penyakit kanker tersebut.

Artikel Terkait