Minggu, 27 Maret 2016

Simple Tapi Bermanfaat, Inilah Olah Raga Yang Cocok Untuk Penderita Vertigo!

Simple Tapi Bermanfaat, Inilah Olah Raga Yang Cocok Untuk Penderita Vertigo!Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gangguan keseimbangan dimana gangguan ini bisa ditangani dengan aktifitas olahraga. Namun tahukah Anda apa jenis olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo itu?

Olahraga memang selalu ditekankan atau dianjurkan untuk siapa saja, baik Anda yang sehat ataupun Anda yang merasakan adanya gangguan kesehatan.

Jenis olahraga yang dilakukan juga berbeda antara yang telah sehat dan yang kurang sehat. Hal ini dikarenakan oleh berbedanya tujuan yang ingin dicapai.

Ya, bila Anda yang sehat, olahraga dilakukan hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saja. Namun untuk yang mengalami gangguan kesehatan, olahraga dilakukan sebagai penanganan.

Nah, pada kasus vertigo ini, ada satu jenis olahraga yang memang ditujukan sebagai upaya penanganan. Jenis Olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo ini disebut dengan olahraga adaptif. Apa itu, dan bagaimana cara melakukannya? Mari simak ulasannya di bawah ini!.

Apa Itu Olahraga Adaptif?

Olahraga adaptif, tergabung dengan dua kata yaitu olahraga dan adaptif. Olahraga bisa diasumsikan dengan sejumlah gerakan tubuh dimana bisa dilakukan untuk melatih sistem motorik seseorang. Sementara adaptif dihubungkan dengan sebuah penyesuaian diri.

Dengan kata lain, olarga aadaptif adalah sejumlah gerakan yang dilakukan oleh seseorang yang ditujukan untuk menyesuaikan kondisi tubuh.

Pada kasus ini, vertigo dihubungkan dengan hilangnya keseimbangan sehingga jenis gerakan yang dilakukan ini erat kaitannya dengan menyesuaikan tubuh supaya bisa mempertahankan keseimbangan dengan latihan beberapa gerakan.

Di dalam olahraga ini, beberapa bagian tubuh yang akan dilatih antara lain kepala, kemudian kaki dan tentunya tangan. Bagian tubuh tersebut dimanfaatkan sebagai perwujudan untuk mendapatkan keseimbangan.

Masih belum paham? Mari langsung saja Anda lihat seperti apa gerakan yang seharusnya dilakukan untuk memperjelasnya.

Gerakan-Gerakan Dalam Olahraga Adaptif

Seperti yang dikatakan di atas, beberapa bagian tubuh yang akan dilatih ada 3, kepala, tangan serta kaki. Ketiga bagian tubuh ini akan dilatih supaya bisa mempertahankan keseimbangan tubuh.

Nah, seperti apa gerakan dalam olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo ini?


  • Gerakan pada bagian kepala


Untuk melatih gerakan yang terfokus pada bagian kepala ini, ada banyak cara yang dilakukan. Tentunya gerakan ini lebih sederhana, bahkan bisa dilakukan kapanpun.

Untuk yang pertama, gerakan yang bisa dilakukan adalah menekan kepala pada bagian kanan dan kiri secara perlahan. Kemudian gerakkan juga kepala kea rah depan dan belakang.

Yang kedua, Anda bisa memposisikan kepala dalam keadaan diam. Pada kasus ini, mata yang akan dimaksimalkan, yakni melihat benda naik turun, serta melihat benda menyamping kiri dan kanan.

Sementara gerakan dalam Olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo ketiga adalah membuka dan menutup mata dalam keadaan berdiri, duduk, ataupun tiduran. Tentunya dilakukan secara perlahan.

Yang keempat adalah memfokuskan pada benda saat melihat. Kemudian gerakan yang Anda lakukan adalah menggerakkan kepala ke arah kanan dan kiri, namun masih tetap fokus pada satu benda saja.

  • Gerakan pada bagian tangan


Pada jenis latihan ini, Anda disarankan untuk melatih kemampuan tangan dalam memegang benda sekitar atau salah satu bagian tubuh Anda sendiri.

Contohnya adalah melatih gerakan untuk menunjuk hidung, atau melatih untuk memegang daun telinga sambil membuka dan menutup mata.

Gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang supaya tangan bisa berfungsi lebih optimal. Terutama untuk membiasakan diri supaya tidak kehilangan keseimbangan.

Terapi dari gerakan Olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo ini bisa juga dilakukan dengan rekan atau keluarga. Contohnya adalah memegang bagian tubuh semisal jari orang lain, kemudian memegang sendiri bagian tubuh Anda.

Lalu apa manfaat dari gerakan ini? Manfaatnya adalah untuk melatih sepenuhnya kemampuan gerakan tubuh Anda supaya lebih fungsional.

Berbeda ketika Anda tidak melakukan gerakan ini, pastinya gerakan tangan Anda bisa saja melemah, akhirnya tidak berfungsi lebih optimal.

  • Gerakan pada bagian kaki


Olah raga yang cocok untuk penderita Vertigo ini juga memanfaatkan bagian kaki. Pada kasus ini, kaki digunakan untuk memijak benda sekitar. Tujuannya adalah untuk membuat kaki lebih tahan, dan bisa lebih seimbang.

Pada jenis latihan ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan. Pertama adalah melatih diri untuk bangun dari tempat duduk sambil menutup mata.

Ingat, biasanya vertigo akan mereda ketika duduk. Dan kali ini, Anda disarankan untuk melatih kemampuan berdiri dengan tujuan melatih keseimbangan.

Sementara cara kedua adalah berjalan dengan mata tertutup. Di sini, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengarahkan Anda menuju beberapa tempat.

Ketiga adalah membuat sebuah lingkaran, kemudian berjalanlah berputar di dalam lingkaran. Jangan sampai Anda keluar dari lingkaran.

Di sini, perhatikan berapa kali Anda bisa berputar di lingkaran tersebut tanpa harus keluar. Supaya lebih optimal, selalu hitung di tiap kali melakukannya supaya Anda tahu seberapa besar kemajuan yang Anda dapatkan dari latihan ini.

Nah, dari latihan-latihan ini, Anda lambat laun akan mendapati keseimbangan tubuh. Namun Anda perlu bersabar, latihlah secara rutin dan berkala supaya olah raga yang cocok untuk penderita vertigo ini berjalan sebagaimana mestinya.

Artikel Terkait