Kamis, 07 April 2016

Bukan Menjauhi Penderitanya, Inilah Cara Ampuh Menghindari Penyakit ISPA!

Bukan Menjauhi Penderitanya, Inilah Cara Ampuh Menghindari Penyakit ISPA!Penyebab ISPA memang beragam, salah satunya adalah penularannya yang berasal dari penderitanya. Namun cara ini bukanlah hal yang tepat, karena masih ada Cara ampuh menghindari penyakit ISPA tersebut.

Menjauhi penderita bisa menjadi alternatif yang dilakukan terakhir kali. Karena sejatinya, menjauhi penderita sama artinya memojokkan penderitanya sehingga nampak ada unsur mengucilkannya.

Pengucilan ini jelas akan mempengaruhi kejiwaan dari penderitanya. Dan ini bukanlah tindakan yang baik.

Ingat, penderitanya juga butuh dukungan supaya bisa sembuh. Dan ini bisa dilakukan dengan tetap bersosialisasi dengannya.

Lalu, Bagaimana Jika Hal Ini Merupakan Langkah Awal Dari Penularan ISPA?

Pertanyaan yang sangat wajar dilontarkan karena memang ISPA sendiri merupakan penyakit menular.

Jika Anda memikirkan hal ini, tidak ada yang menyalahkannya. Tapi setidaknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukannya.

Pertimbangan yang pertama adalah apakah hal tersebut memang menjadi Cara ampuh menghindari penyakit ISPA satu-satunya?

Kalau memang ini langkah satu-satunya, Anda boleh melakukannya. Dan untuk memastikannya, coba tanyakan pada diri Anda sendiri.

Sementara pertimbangan kedua adalah bagaimana jika Anda berada di posisi tersebut. Posisi yang sangat tidak menguntungkan bukan?

Anda menderita ISPA, dan sejalan dengan apa yang diderita, Anda juga dijauhi oleh teman-teman, bahkan keluarga tercinta.

Pastinya, ada perang berkecamuk di fikiran. Dan pastinya, Anda akan kehilangan motivasi diri untuk menjalani hari-hari.

Yang lebih parah, Anda kehilangan kesempatan untuk sembuh karena tidak ada dukungan keluarga maupun rekan.

Sedangkan pertimbangan yang ketiga adalah apakah Anda yakin jika menjauhi penderitanya, Anda akan terbebas dari penyakit tersebut?

Jawabannya tentu saja tidak. Karena sejatinya, penyakit ISPA ini menyebar lantaran kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.

Hanya saja, rekan atau keluarga Anda yang menjadi korban keganasan lingkungan yang tidak sehat tadi.

Dan bisa saja, Anda akan terserang penyakit tersebut bilamana terus tinggal di lingkungan yang kaya akan polusi tersebut.

Apakah Perlu Untuk Pindah Ke Tempat Tinggal Lain?

Tentu saja tidak, Anda tidak perlu pindah ke tempat lainnya jika hanya ingin menjauhi ISPA. Cara ampuh menghindari penyakit ISPA ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni dengan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Cara ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja, namun harus dilakukan oleh seluruh masyarakatnya.

Jika lingkungan kembali segar, dan polusi terminimalisir, sudah pasti penyebaran virus dan bakteri akan menurun.

Hasil yang akan Anda peroleh adalah terciptanya lingkungan yang sehat, dan tentunya mendukung pada terciptanya kesehatan tubuh.

Cara Tepat Untuk Menghindari Terserang ISPA

Poin penting yang sebaiknya dipegang adalah menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan.

Sebagaimana yang dikatakan jika kebersihan adalah kunci dari kesehatan. Artinya, kesehatan bergantung pada Anda yang mengupayakan pada kebersihan.

Nah, ada beberapa cara ampuh menghindari penyakit ISPA ini. Tentunya tidak dengan menjauhi penderitanya sendiri.

Oke, cara pertama adalah rajin untuk membersihkan diri. Membersihkan diri yang paling sederhana adalah dengan mencuci tangan sehabis beraktifitas, terutama jika dilakukan di luar ruangan.

Pasalnya, aktifitas yang dilakukan di luar ruangan meliputi banyak hal. Contohnya bersinggungan langsung dengan benda-benda yang terkadang banyak debu, atau bahkan virus yang memicu ISPA.

Supaya tidak terjangkiti, sudah semestinya jika Anda mulai membiasakan diri untuk mencuci tangan.

Kemudian yang tidak kalah penting, rajinlah untuk mandi atau bersihkan diri sebagai Cara ampuh menghindari penyakit ISPA ini.

Sementara cara kedua adalah dengan menghindari kontak langsung dengan asap. Contohnya adalah dengan menjauhi kebiasaan merokok, kemudian menghindari asap-asap kendaraan, kebakaran atau asap dapur yang cukup besar.

Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya sesak nafas. Karena sejatinya, asap adalah zat sisa yang mana tidak akan berdampak positif bagi kesehatan.

Bahkan sebenarnya, asap ini menjadi pemicu rusaknya beberapa organ pernafasan. Contohnya menimbulkan peradangan, sampai menimbulkan masalah pada infeksi.

Jika hal ini terus berlanjut, sudah semestinya jika infeksi ini akan terus parah. Kemudian resiko terparah jelas munculnya ISPA yang berkelanjutan.

Nah, Cara ampuh menghindari penyakit ISPA yang ketiga adalah dengan memalingkan muka ketika ada orang lain yang bersin atau batuk-batuk.

Hal ini cenderung lebih baik karena bersin-bersin sejatinya mengeluarkan virus dan bakteri. Jika Anda menghirupnya, atau bahkan ada cipratan air yang menempel di tangan atau bagian tubuh lainnya, maka hal ini bisa menimbulkan masalah.

Sementara cara yang keempat adalah dengan menggunakan masker. Penggunaan masker ini dilakukan sesuai dengan kondisinya.

Maksudnya, diterapkan bergantung pada kondisi lingkungannya. Contohnya jika polusi udara lebih besar, sudah semestinya Anda membentengi diri dengan menggunakan masker ketika beraktifitas di luar ruangan.

Sedangkan cara terakhir yang wajib dilakukan adalah dengan memperkuat sistem imun. Ingat, virus dan bakteri akan mudah memasuki tubuh dan mengekspansinya bilamana sistem imun rendah.

Sebaliknya, jika sistem imun kuat, bakteri dan virus tidak bisa leluasa di dalam tubuh. Akhirnya, masalah ISPA atau sejenisnya bisa menjauh dari kebahagiaan Anda.

Demikianlah beberapa cara ampuh menghindari penyakit ISPA yang lebih bijak, yakni dengan tidak menjauhi penderitanya sendiri.

Artikel Terkait