Rabu, 06 April 2016

Gejala Gejala Penyakit ISPA Dan Cara Menanganinya

Gejala Gejala Penyakit ISPA Dan Cara MenanganinyaISPA muncul di waktu terjadinya peralihan musim, atau bisa juga muncul ketika sirkulasi udara mulai tidak bersih sehingga menyebabkan perkembangan virus ataupun bakteri tidak terkendali. Konsekuensinya, banyak dari Anda yang rentan terserang ISPA. Lalu, seperti apa Gejala gejala penyakit ISPA itu?

ISPA sendiri dianggap sebagai penyakit yang berbahaya, biasanya bisa berlangsung dalam rentang waktu yang lama. Pada umumnya, penderitanya akan mengalami penurunan kesehatan selama 14 hari, bahkan bisa lebih sesuai dengan tingkat keparahannya.

Bila penyakit ini tidak segera dihentikan, resiko terburuk bisa saja terjadi. Contohnya adalah menjadi lantaran untuk kembali pada sang maha pencipta.

Hal ini terbukti dengan banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh ISPA ini. Khususnya bagi anak-anak yang memang kondisi tubuhnya lebih mudah menurun akibat lingkungan yang kurang mendukung.

Nah, ada beberapa tanda atau Gejala gejala penyakit ISPA yang sebaiknya Anda kenali saat ini juga. Pertanda ini bisa menentukan langkah apa yang seharusnya dilakukan untuk menghindari resiko yang ditimbulkannya kedepan. Berikut adalah pertanda bila Anda lagi terserang ISPA!

Tanda-Tanda Terserang ISPA

Perlu diketahui, ISPA sendiri adalah kondisi tubuh yang menurun akibat pasokan oksigen berkurang. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada sistem pernafasan, baik itu terdapatnya infeksi ataupun peradangan.

Parahnya, ISPA sendiri tergolong sebagai penyakit yang menular. Penyebarannya bisa secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya adalah melalui udara, melalui cipratan air ludah, atau melalui bersin-bersin.

Jika Anda tidak melindungi diri sendiri, maka kemungkinannya akan sangat besar untuk terserang ISPA. Dan ini tentunya akan menjadi permasalahan serius mengingat banyaknya korban jiwa yang ditimbulkan olehnya.

Bayangkan saja, menurut hasil penelitian selama ini, setidaknya ada 1 dari 4 orang yang terserang ISPA. Hanya saja, kadar dari serangan ini berbeda-beda. Maksudnya tingkatannya berbeda sehingga ada yang mampu menanganinya, ada yang lepas dari penanganan.

Ada tidaknya penanganan secara dini dikarenakan oleh ketidaktahuan tentang Gejala gejala penyakit ISPA secara pasti. Makanya, serangan ini akan lebih parah.

Jika Anda tidak mau mengalami yang lebih parah, sudah barang tentu Anda wajib tahu tanda-tanda bila terserang ISPA.

Nah, gejala pertama yang bakal muncul ketika terserang ISPA adalah hidung tersumbat dan sering berair.

Gejala ini sangat wajar karena udara atau debu sekitar masuk ke hidung. Dan hidung tidak mampu mengeluarkannya sehingga muncul hambatan yang secara perlahan membuat Anda kesulitan untuk bernafas.

Sementara pertanda yang kedua adalah batuk disertai sakit tenggorokan. Batuk sendiri merupakan kondisi yang baik dimana sistem kekebalan tubuh mulai berfungsi untuk memerangi benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, batuk itu sendiri juga menandakan bahwa Anda perlu ekstra hati-hati. Karena bisa jadi, tubuh Anda tidak mampu memeranginya yang akhirnya membuat masalah kesehatan lebih parah.

Normalnya, Gejala gejala penyakit ISPA ini ditandai dengan gabungan batuk beserta tenggorokan yang rasanya sakit. Hal ini muncul karena adanya peradangan, dan lambat laun akan menimbulkan infeksi.

Ketika dibiarkan, sudah pasti masalahnya akan merambat dan muncullah pertanda lain yakni sesak nafas. Jika sesak nafas ini berlangsung lama dan tidak segera dihentikan, pasokan oksigen ke dalam tubuh jelas berkurang. Padahal, oksigen itu sendiri membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya secara normal.

Sementara Gejala gejala penyakit ISPA yang lainnya adalah munculnya rasa letih, lemah dan lesu. Kondisi ini sangatlah wajar karena sejatinya kondisi tubuh mulai menurun.

Ketika kondisi tubuh menurun, tidak salah lagi jika ada beberapa fungsi tubuh yang ikut menurun, bahkan hilang sehingga benar saja kalau penderitanya merasa lemah, letih dan lesu di tiap harinya.

Penanganan ISPA Secara Dini

ISPA yang telah parah akan membuat penderitanya demam dan menggigil, kemudian sulit untuk bernafas, bahkan ada yang sampai kehilangan kesadaran. Kondisi ini tidak lain disebabkan oleh penanganannya yang terlambat.

Ya, penanganan yang tidak dilakukan sesegera mungkin jelas akan memperburuk keadaan. Dan inilah mengapa Anda diajak untuk segera melakukan penanganan setelah tahu Gejala gejala penyakit ISPA itu.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani masalah tersebut. Pertama adalah jauhi makanan yang bisa menimbulkan rasa sakit pada peradangan, atau menghindari makanan yang berpotensi memperparah keadaan.

Contohnya adalah makanan yang berminyak, kemudian makanan yang manis dari gula putih.

Sementara yang kedua adalah dengan memeriksakan diri pada dokter. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda memang sedang mengalaminya atau tidak.

Selain itu untuk memastikan tingkat keparahan penyakit tersebut sehingga bentuk penanganannya bisa dipertimbangkan sesuai dengan porsinya. Artinya disesuaikan dengan kondisinya supaya lekas sembuh.

Sedangkan penanganan lain yang bisa Anda terapkan adalah seringlah untuk minum jahe hangat. Tujuaannya tentu saja untuk meredakan masalah terhambatnya saluran pernafasan yang baru Anda alami.

Nah, dengan penanganan seperti ini, tingkat keparahan dari penyakit ISPA ini bisa diminimalisir. Dan ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak mau mengalami masalah saluran pernafasan yang lebih parah.

Kesimpulannya, jangan sampai terlambat untuk melakukan penanganan agar penyakit ini mudah untuk disembuhkan. Dan penanganan ini hanya bisa dilakukan jika Anda tahu Gejala gejala penyakit ISPA tersebut. Jadi, sudahkah Anda mengetahu tanda-tandanya?

Artikel Terkait