Senin, 04 April 2016

Ingin Segera Sembuh? Kenali Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit ISPA!

Ingin Segera Sembuh Kenali Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit ISPA!Penanganan terbaik ISPA selain mengobatinya adalah dengan menjaga asupan makanan, baik itu yang diperbolehkan sampai pada Makanan yang harus dihindari penyakit ISPA itu sendiri.

Siapa sih yang tidak ingin segera sembuh dari serangan penyakit? Merasakan sakit yang tak tertahankan memang kadangkala menyesakkan, bahkan bisa melumpuhkan sejumlah aktifitas penting seperti sekolah sampai bekerja.

Permasalahannya, sakit pada saluran pernafasan ini terbilang cukup lama waktunya. Normalnya, penderitanya akan mengalami rasa sakit pada sistem pernafasan sampai belasan hari. Menurut datanya sampai 14 hari, bahkan bisa juga lebih.

Yang lebih menakutkan adalah ISPA sendiri bisa merenggut jiwa penderitanya. Terutama untuk anak-anak sehingga bisa dikatakan jika infeksi pada saluran pernafasan ini tergolong jenis penyakit yang berbahaya.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Pada topik pembahasan ini, yang digarisbawahi adalah Makanan yang harus dihindari penyakit ISPA ini.

Makanan memang menjadi sumber penting di dalam tubuh. Namun dibalik itu, makanan juga bisa menjadi racun, atau bisa memperburuk keadaan si penderita.

Hal ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi malah membantu dalam perkembangan bakteri dan virus penyebab ISPA.

Begitupun sebaliknya, beberapa jenis makanan juga ada yang baik bila dikonsumsi. Artinya, sumber makanan tersebut bisa menghambat perkembangan bakteri atau virus sehingga serangan ISPA bisa diminimalisir, bahkan bisa dilumpuhkan.

Selain pendukung tersebut, pendukung lainnya adalah tinggal di lingkungan yang bersih. Syarat utamanya adalah adanya sirkulasi udara yang sejuk, bersih dari polusi.

Dan yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan serta pengobatan dengan bantuan dokter.

Pengobatan ini jelas sangat dibutuhkan karena sejatinya ISPA sendiri tergolong penyakit berbahaya dan sulit ditangani. Dengan kata lain, penanganan ekstra harus dilakukan supaya permasalahan ini segera selesai, dan tidak sampai merenggut jiwa penderitanya.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita ISPA

Makanan memang erat kaitannya dengan kebugaran tubuh. Makanan ini bisa memperkuat sistem imun, dan bisa menjadi penangkal dari radikal bebas dan serangan penyakit, baik itu ISPA maupun serangan penyakit lainnya.

Makanan yang tidak tergolong dalam makanan yang harus dihindari penyakit ISPA seharusnya mampu menyediakan nurtisi pemerkuat sistem imun. Selain itu juga mengandung nutrisi yang bakalan mempermudah dalam penyembuhan penyakit tersebut.

Diantara jenis makanan yang baik dikonsumsi itu berasal dari buah-buahan. Dan buah pertama yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah alpukat.

Buah jenis ini baik dikonsumsi karena di dalamnya terkandung L-gluthatione yang tinggi. Kandungan ini merupakan anti asma, memiliki kemampuan untuk melawan serangan radikal bebas.

Dan yang terpenting, kandungan tersebut mampu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh infeksi dan peradangan dari ISPA sendiri.

Sementara jenis buah yang bukan termasuk dalam Makanan yang harus dihindari penyakit ISPA adalah jeruk nipis.

Ya, jeruk nipis ini kaya akan kandungan vitamin C, serta minyak astirin. Dua kandungan ini sangatlah ampuh jika dikombinasikan di dalam tubuh.

Vitamin C nanti berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh yang artinya mampu menahan gempuran dari virus sekaligus bakteri yang masuk di dalam tubuh.

Sementara minyak astirin sendiri bermanfaat dalam mengendalikan saluran pernafasan. Malahan bisa mengurangi batuk dan pilek yang menjadi tanda umum penyakit ISPA.

Dengan kata lain, tubuh Anda akan selalu terjaga kesehatannya. Dan inilah yang menjadikan buah ini penting untuk dikonsumsi oleh penderita ISPA.

Makanan Yang Buruk Untuk Penderita ISPA

Makanan yang harus dihindari penyakit ISPA cukuplah banyak, bahkan salah satu diantaranya mungkin menjadi makanan favorit Anda sehingga Anda sulit untuk melepaskan konsumsian tersebut.

Namun begitu, Anda sebaiknya lebih mengutamakan kesehatan terlebih dahulu daripada mengedepankan makanan yang disukai.

Pasalnya, makanan tersebut akan menghindarkan Anda dalam mendapatkan kesembuhan dengan segera. Malahan bisa jadi menambah rentetan panjang masalah kesehatan tersebut sehingga niatan untuk sembuh akan sulit terwujud.

Nah, makanan yang buruk untuk penderita ISPA adalah beberapa jenis makanan yang bakalan memicu penderitanya untuk sesak nafas, pilek dan sulit untuk bernafas.

Ini berarti bahwa makanan yang harus dihindari penyakit ISPA ini sejatinya akan mengantarkan penderitanya menuju tingkatan lebih berbahaya. Dengan kata lain, akan berdampak lebih buruk lagi bagi penderitanya.

Contoh makanan yang tidak baik untuk saluran pernafasan adalah makanan yang kaya akan kandungan lemak, kemudian makanan yang terlalu pedas, serta buah nanas dan es krim.

Jenis makanan tersebut nantinya akan memperparah kondisi sistem pernafasan yang mengakibatkan penderitanya akan kesulitan dalam mendapatkan pasokan oksigen di dalam tubuh.

Jika pasokan oksigen tubuh berkurang, maka kondisi tubuh akan kian melemah. Apalagi jika oksigen jumlahnya minim, maka jelas resikonya akan sangat mahal sehingga Anda jelas tidak mau menghadapi situasi tersebut.

Selain jenis makanan yang disebutkan di atas, makanan yang buruk lainnya adalah jenis makanan yang bisa menimbulkan produksi lendir. Karena lendir ini sendiri akan menyebabkan tersumbatnya saluran pernafasan.

Contoh makanan yang bisa menyebabkan produksi lendir itu sendiri adalah roti putih, tepung putih serta gula putih.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penyakit ISPA supaya resiko terburuk yang bakal dihadapi penderitanya kian menurun, bahkan bisa tuntas dengan segera. Jadi, selektiflah dalam memilih makanan saat ini juga.

Artikel Terkait