Sabtu, 02 April 2016

Mengenal Penyakit ISPA Beserta Penyebarannya

Mengenal Penyakit ISPA Beserta PenyebarannyaPenyebaran penyakit ISPA ini bisa secara langsung maupun tidak langsung, dan penyakit ini bisa menyerang siapa saja di sekelilingnya. Menyadari akan hal ini, tidak salah jika Anda tahu lebih banyak dengan mengenal penyakit ISPA tersebut.

Infeksi saluran pernafasan akut atau yang biasa dikenal dengan ISPA merupakan salah satu gangguan kesehatan yang melibatkan sistem pernafasan. Gangguan ini mengakibatkan penderitanya kesulitan dalam bernafas.

Akhirnya, pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh berkurang. Padahal tubuh sebenarnya sangat membutuhkan oksigen untuk mendukung tubuh dalam mendapatkan kebugarannya.

ISPA itu sendiri bisa diidap oleh Anda yang hidup di lingkungan yang tidak bersih, contohnya di lingkungan yang udaranya tidak sehat layaknya ketika terjadi kebakaran dan lain sebagainya.

Gangguan kesehatan ini berasal dari virus, dan bisa menyebar kemanapun sehingga Anda akan kesulitan dalam menghindarinya.

Penyebaran ISPA

Singkat kata dari mengenal penyakit ISPA ini adalah gangguan pada saluran pernafasan. Permasalahan ini datang dari virus, menyebabkan fungsi pernafasan terganggu seperti sesak, bahkan tidak menutup kemungkinan jika Anda benar-benar kehilangan pasokan oksigen dalam tubuh.

Masalahnya, ISPA sendiri bisa menular sehingga Anda bisa saja terserang gangguan tersebut bilamana dekat dengan penderitanya. Makanya, penderitanya atau Anda biasa menggunakan masker untuk upaya pencegahannya.

Nah, ada dua jenis penyebaran dari ISPA itu sendiri. Pertama adalah penyebaran penyakit secara langsung.

Penyebaran secara langsung ini berkaitan dengan terjadinya kontak langsung dengan penderita. Bukan berarti bahwa Anda bersentuhan dengan penderita, lantas akan mendapati ISPA.

Maksudnya, Anda akan lebih mudah menderita ISPA jika Anda juga menghirup udara di sekitar penderita ISPA. Tentunya ketika penderitanya batuk, atau bersin di sekeliling Anda.

Jika tidak, kemungkinannya bisa saja kecil. Namun tetap saja Anda harus berhati-hati, misalnya dengan cara menutup bagian muka dengan masker.

Sementara penyebaran yang kedua adalah penyebaran secara tidak langsung. Jenis penyebaran ini tidak bisa dikenali, karena sejatinya Anda tidak tahu menahu kenapa bisa terserang penyakit tersebut.

Tetapi yang pasti, ISPA ini bisa terjadi pada Anda yang malas untuk membersihkan diri, contohnya cuci tangan setelah berkatifitas padat di tempat-tempat umum.

Hal ini dilakukan untuk menghindari virus yang menempel pada benda tertentu yang Anda sentuh. Karena dikhawatirkan jika benda tersebut merupakan benda yang pernah disentuh penderita ISPA.

Siapa Yang Berpotensi Terserang ISPA?

Sejatinya, mengenal penyakit ISPA ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan besar terjangkit penyakit tersebut. Pasalnya, penyakit ini bisa menjangkiti siapa saja, baik Anda yang masih anak-anak ataupun yang sudah menginjak usia tua.

Penyakit ini bisa menyebabkan masalah serius, bahkan ketika penyakit ini ke tahap lebih parah bisa menghilangkan kesadaran penderitanya. Juga bisa membuat penderitanya mengalami masalah pada jantungnya, apalagi paru-parunya.

Ada dua orang yang memiliki resiko besar terjangkiti ISPA. Pertama adalah Anda yang hidup di lingkungan yang udaranya tidak bersih, sebut saja perkotaan, atau tempat yang rawan terjadi kebakaran.

Ini menunjukkan bahwa ISPA bisa saja menyerang siapapun yang tinggal di lingkungan tersebut. Dengan mengenal penyakit ISPA ini, Anda jelas bisa melakukan sejumlah pencegahan dengan menciptakan setidaknya lingkungan yang bersih mulai saat ini.

Sementara kedua adalah Anda yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Ya, sistem kekebalan tubuh fungsinya adalah untuk menangkal bakteri atau virus yang bertebaran di sekeliling.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun, virus dan bakteri akan dengan mudahnya mengekspansi tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi mudah sakit.

Normalnya, daya tahan tubuh yang minim ini dimiliki oleh anak-anak dan orang lanjut usia. Oleh karenanya, hampir sebagian kasus ISPA terjadi padanya. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Cara Menghindari ISPA

Dalam pembahasan mengenal penyakit ISPA ini telah dikemukakan jika pengenalan ini ditujukan untuk membantu Anda dalam melakukan pencegahan.

Ya, dengan mengenalnya, Anda akan lebih tahu tentang bagaimana langkah yang seharusnya dilakukan supaya terhindar dari gangguan pernafasan ini.

Salah satu upaya yang wajib dilakukan adalah menjaga lingkungan dan diri agar tetap bersih dan sehat. Contohnya adalah mengajak para warga untuk membiasakan diri dalam menjaga lingkungan, tidak buang sampah sembarangan, dan tidak membakar sampah semaunya sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang bakal mendukung terciptanya daya tahan tubuh yang kuat. Hal ini dilatarbelakangi oleh munculnya ISPA pada Anda yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat yang dijelaskan pada bahasan awal mengenal penyakit ISPA di atas.

Contoh jenis makanan yang bakal mendukung sistem kekebalan tubuh adalah makanan yang kaya akan kandungan vitamin C.

Dan cara lain yang juga sebaiknya dilakukan adalah budayakan mencuci tangan setelah beraktifitas di luar ruangan ( di tempat umum), serta biasakan untuk menutup mulut saat bersin dan lain sebagainya.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyebaran virus yang akan menyebabkan masalah pada sistem pernafasan tersebut.

Demikianlah ulasan tentang mengenal penyakit ISPA yang mana bisa muncul kapan saja, dan bisa muncul pada siapapun yang mana memiliki daya tahan tubuh lemah dan yang tinggal di lingkungan yang tidak sehat.

Artikel Terkait