Minggu, 03 April 2016

Rentan Sekali Pada Anak-Anak, Inilah Penyebab Utama Penyakit ISPA

Rentan Sekali Pada Anak-Anak, Inilah Penyebab Utama Penyakit ISPATinggal di lingkungan yang tidak bersih menjadi salah satu penyebab utama penyakit ISPA. Dan penderita yang sering mengalami penyakit ini adalah anak-anak.

Dari beberapa kasus, anak-anak memang sangat rentan terserang penyakit. Tidak terkecuali ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut ini.

Normalnya, serangan penyakit ini muncul di musim pancaroba. Yakni ketika ada perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

Perubahan musim ini membuat suasana lingkungan tampak tidak sehat. Pasalnya, bakteri maupun virus berkembang dan bertebaran di sekitar sehingga siapa saja yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat akan rentan sekali terserang penyakit tersebut.

Sayangnya, daya tahan anak di musim ini tidaklah sebaik di musim sebelumnya. Artinya terdapat penurunan sehingga ISPA sangatlah mengancam kesehatan anak-anak Anda.

Oleh karenanya, wajib bagi Anda menjaga kesehatan anak-anak dengan memberikan asupan yang baik, kemudian menghindarkannya dari segala jenis penyebab utama penyakit ISPA tersebut.

Nah, apa saja penyebab dari penyakit saluran pernafasan akut ini? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Virus Dan Microorganisme

ISPA ditandai dengan adanya gangguan saluran pernafasan, bisa berupa sesak nafas, pilek serta demam.

Gejala ini muncul dari beberapa sebab, diantaranya adalah berasal dari virus dan microorganisme yang menyerang kesehatan tubuh.

Nah, virus dan microorganisme yang memicu serangan ISPA ini juga beragam, bisa dikatakan sangat banyak. Apa saja itu?


  • Virus Adenovirus


Virus jenis ini memiliki puluhan jenis di sekitar, mengancam sistem pernafasan bagian atas serta menimbulkan infeksi pada bagian tubuh lainnya. Contohnya adalah memicu infeksi pada selaput bola mata, kemudian memicu infeksi ginjal.

Virus ini menjadi salah satu penyebab utama penyakit ISPA dan mampu menyerang seketika bilamana anak-anak tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Malahan daya tahan tubuh yang sedang ataupun yang berada di bawahnya akan sangat beresiko mengalami komplikasi.

Hal ini jelas bahwa virus ini teramat berbahaya sehingga wajib dihindari dengan memperkuat sistem imun Anda.

  • Virus Rhinovirus


Dari kebanyakan virus, virus Rhinoviruslah yang banyak ditemukan pada anak-anak yang menderita ISPA.

Biasanya ISPA dimulai dari munculnya pilek pada anak-anak. Kemudian lambat laun memicu munculnya penyakit tersebut. Bahkan inilah yang menjadi salah satu pemicu utama terjadinya ISPA pada anak.

  • Virus Coronavirus


Salah satu jenis virus yang bisa mengancam sistem pernafasan adalah virus coronavirus. Virus ini menyebar melalui udara atau melalui kontak langsung seperti berjabat tangan.

Bilamana hal ini terjadi, virus tersebut kemudian akan memasuki tubuh yang kemudian menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

Parahnya, virus ini tergolong ganas karena tidak hanya manusia saja yang diserang, hewanpun bisa terjangkiti.

Dengan kata lain, virus ini menjadi salah satu virus kuat yang mana bisa memicu penyakit seperti ISPA.

  • Bakteri Pneumokokus


Selain virus, penyebab utama penyakit ISPA adalah bakteri. Dan bakteri yang mengancam saluran pernafasan tersebut adalah bakteri penumokokus ini.

Bakteri ini termasuk bakteri menular, bisa menular melalui percikan air ludah. Dan bila bakteri sudah memasuki tubuh, masalah yang akan ditimbulkan adalah radang paru-paru.

Masalahnya, bakteri ini terbilang cukup sulit untuk ditangani. Misalnya, dengan selalu menjaga kebersihan, kemudian memberikan vaksin untuk menghentikan penyebaran bakteri tersebut.

Nah, selain virus dan bakteri di atas, virus lainnya yang juga bakalan memicu terjadinya ISPA adalah virus influenza. Virus ini cukup banyak ditemukan di sekeliling Anda, karena biasanya ditandai dengan gejala flu pada penderitanya.

Penyebab ISPA Selain Dari Microorganisme Dan Virus

Di atas disebutkan bahwa penyebab utama penyakit ISPA berasal dari virus ataupun bakteri. Dan biasanya, orang yang rentan terserang penyakit ini adalah yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Namun untuk penyebab yang satu ini, prosesnya cukup mengerikan. Pasalnya, tubuh Anda yang sejatinya memiliki daya tahan tubuh kuat akan dilemahkan. Kemudian, tubuh akan dengan mudahnya diserang penyakit tersebut.

Salah satunya adalah berasal dari debu. Ya, penyebab utama penyakit ISPA yang satu ini cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, debu nantinya akan menyumbat pada saluran hidung. Dan ketika penderitanya sering terjadi kontak langsung dengan debu tersebut, lambat laun akan muncul sesak nafas. Dan ingat, sesak nafas ini adalah ciri pertama yang mengindikasikan adanya gangguan saluran pernafasan.

Sementara itu, penyebab lainnya adalah asap. Asap bisa muncul dari mana saja, misalnya asap kebakaran.

Selain berasal dari asap kebakaran, asap yang akan membuat saluran pernafasan terganggu adalah asap dapur dan asap rokok, bahkan asap kendaraan. Intinya, asap tebal akan mengganggu saluran pernafasan.

Mengenai bahaya asap ini tidak lain disebabkan oleh sifat merusaknya. Maksudnya, asap yang terhirup setiap saat akan secara perlahan merusak saluran yang dilaluinya walaupun asap tersebut terhirup dalam jumlah kecil.

Dan Anda bisa membayangkan sendiri jika asap tersebut jumlahnya besar, maka kemungkinannya akan sangat besar dalam merusak sehingga sudah seharusnya jika Anda mulai menjauhi asap apapun, minimal dengan menggunakan masker.

Kesimpulannya, penyebab utama penyakit ISPA berasal dari lingkungan dan udara yang tidak bersih sehingga memudahkan bakteri atau virus untuk masuk. Jadi, jauhi penyebab tersebut jika tidak ingin terserang ISPA.

Artikel Terkait