Minggu, 08 Mei 2016

Mampu Meredakan, Inilah Olah Raga Yang Cocok Untuk Penderita ISPA!

Mampu Meredakan, Inilah Olah Raga Yang Cocok Untuk Penderita ISPA!Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, juga bermanfaat untuk meredakan masalah seperti sesak nafas. Nah, tahukah Anda apa saja jenis Olah raga yang cocok untuk penderita ISPA itu?

Sesak nafas atau asma merupakan salah satu gejala ringan yang menandai adanya ISPA. Sesak nafas ini terkadang membuat penderitanya tidak bisa melakukan apapun, bahkan bisa membuat kehilangan kesadaran atau pingsan.

Kondisi ini bisa terjadi pada penderita ISPA yang sudah parah karena lambatnya dalam penanganan.

Nah, berbicara masalah penanganan, ISPA sendiri bisa diredakan dengan memperkuat kondisi tubuh. Caranya bisa bermacam-macam seperti memenuhi asupan vitamin C, kemudian selalu rajin dalam berolahraga.

Seberapa Ampuhkah Olahraga Dalam Meredakan ISPA?

Dalam ulasan tentang olah raga yang cocok untuk penderita ISPA ini, Anda mungkin menyimpulkan bahwa ISPA malah akan lebih parah. Karena olahraga lebih mengedepankan pada aktifitas berat yang memacu udara untuk keluar masuk dengan cepat.

Padahal, ISPA sendiri adalah gejala tidak mampunya tubuh untuk bernafas sehingga aktifitas berat diasumsikan akan memberatkan masalah tersebut.

Asumsi ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Karena sejatinya olahraga sangat dianjurkan sebagai upaya untuk meredakan masalah kesehatan tersebut.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kristian V Carson. Dirinya menyebutkan bahwa penderita asma atau sesak nafas akan mengalami kekurusan, kemudian hilangnya masa otot dan hilangnya kesehatan kardiovaskular jika tidak berolahraga.

Dari sini jelas bahwa olahraga memang penting dalam proses penyembuhan masalah pernafasan sehingga asumsi tentang dampak negatif olahraga untuk penderita sesak nafas sudah seharusnya dibuang jauh-jauh.

Lalu, Apa Saja Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Nafas?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, olahraga baik untuk penderita nafas, malahan akan membantu dalam meredakan masalah tersebut disamping melakukan penanganan lainnya.

Pertanyaannya adalah apa saja olah raga yang cocok untuk penderita ISPA itu? Jawabannya tentu saja beragam, atau banyak sekali jenisnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Jalan cepat


Jalan cepat menjadi salah satu pilihan pertama yang mampu mengatasi masalah pernafasan. Bahkan studi menyatakan bahwa jalan cepat dapat meningkatkan kontrol tubuh, bahkan meningkatkan kebugaran.

Dalam pengaplikasiannya, Anda juga tidak harus sesering mungkin untuk melakukannya. Anda cukup melakukannya 3 kali dalam seminggu.

Sementara untuk durasinya cukup dilakukan 30 menit saja yang meliputi pemanasan, kemudian bagian inti dan pendinginan.

Nah, untuk waktunya, Anda bisa memilih waktu pagi hari. Karena suasana pagi akan jauh lebih segar. Artinya, pagi sangat mendukung tubuh untuk mendapatkan udara yang lebih segar sehingga kebugaran akan lebih mudah didapatkan.

  • Latihan yoga


Olah raga yang cocok untuk penderita ISPA lainnya adalah yoga. Inti dari yoga adalah latihan pernafasan.

Latihan pernafasan ini nantinya akan bermanfaat penuh untuk mengatasi sesak pernafasan. Dan menariknya, latihan ini membuat Anda kehilangan pada ketergantungan obat seperti obat asma.

Sejatinya, olahraga yoga ini nantinya akan melatih cara bernafas yang lebih baik, kemudian membangkitkan atau mengaktifkan paru-paru sehingga jalannya udara akan semakin lancar.

Nah, supaya hasilnya maksimal, cobalah untuk menyediakan waktu khusus untuk menjalankan aktifitas ini. Setidaknya, Anda memiliki waktu 20 menitan di tiap harinya untuk melakukannya, bahkan bisa lebih.

Pasalnya, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa latihan yoga selama 2,5 jam setiap minggunya akan membantu penderita nafas terbebas dari ketergantungan obat.

Dengan kata lain, yoga bisa dimanfaatkan penuh sebagai salah satu jenis olah raga yang cocok untuk penderita ISPA.

  • Lari


Selain berjalan dan yoga, jenis olahraga yang akan membantu dalam mengatasi masalah pernafasan adalah lari.

Lari ini bisa dilakukan oleh penderita sesak nafas di waktu-waktu tertentu. Hanya saja, Anda perlu hati-hati ketika melakukan olahraga yang satu ini.

Anda jangan pernah memaksakan diri untuk melakukannya dengan harapan akan segera mendapatkan manfaatnya.

Namun akan lebih baik jika Anda memulainya dengan intensitas ringan, kemudian baru ditingkatkan bila memang kondisi tubuh mendukung.

Contohnya adalah merencanakan untuk mengitari tempat-tempat tertentu di pagi hari dengan intensitas sedang. Tujuannya adalah sistem pernafasan tidak kaget yang akan menimbulkan pernafasan terganggu.

  • Berenang


Jenis olah raga yang cocok untuk penderita ISPA yang terakhir adalah berenang. Berenang itu sendiri merupakan olahraga yang banyak digemari. Alasannya adalah bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pernafasan. Hal ini dikarenakan pendukung renang adalah sistem pernafasan yang baik.

Semakin sering berenang, maka sistem pernafasan akan jauh lebih baik. Karena sejatinya berenang akan membantu dalam mengatur keluar masuknya nafas sewaktu berada dalam air.

Namun perlu diingat, jika Anda mengalami masalah pernafasan yang parah, alangkah baiknya jika Anda memilih jenis olahraga yang lainnya. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Inti dari olahraga ini adalah membantu dalam mengatur sistem pernafasan. Dan tentunya ditujukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa lebih kuat untuk menghadapi serangan virus dan bakteri.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis olah raga yang cocok untuk penderita ISPA. Jadi, sudahkah Anda siap untuk lebih sehat?

Artikel Terkait