Selasa, 06 Februari 2018

Mengenal Lebih Dekat Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Jantung

Pengetahuan mengenai makanan yang harus dihindari penyakit jantung itu diperlukan sekali untuk memahami bagaimana cara melakukan penanganan sekaligus pencegahan dari meluasnya gangguan kesehatan tersebut.

Memang sangat direkomendasikan untuk Anda yang saat ini mengidap penyakit jantung untuk menghindari berbagai jenis makanan. Terutama untuk jenis makanan yang notabenenya menyumbang lemak dan kolesterol.

Sementara di lain sisi, pengidap penyakit jantung juga perlu memenuhi asupan nutrisi yang cukup. Khususnya jenis makanan yang banyak serat, mengandung vitamin yang diperlukan sebagai penjagaan organ jantung itu sendiri.

Dengan menerapkan dua hal tersebut, resiko meluasnya resiko gagal jantung bisa diminimalisir. Inilah yang sebenarnya diperlukan jika Anda ingin terbebas dari serangan jantung.

Nah, pada  pembahasan mengenai makanan yang harus dihindari penyakit jantung ini, Anda akan disajikan beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi di sepanjang hari dan jenis makanan yang baik bila dimanfaatkan. Untuk selengkapnya, mari perhatikan satu-persatu ulasannya di bawah ini !

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Penyakit Jantung


Penyakit jantung terjadi karena terdapat penyumbatan aliran darah. Aliran darah yang tidak lancar ini menyebabkan jantung melakukan pekerjaannya ekstra keras.

Ketika hal ini dibiarkan, tentu saja jantung akan semakin melemah dan bisa menimbulkan kerusakan yang bisa dikatakan sebagai gangguan kesehatan jantung.

Salah satu penyebab utama dari penyumbatan aliran darah ini adalah timbunan dari lemak dan kolesterol. Penimbunan kedua ini wajar terjadi, dan bisa menutup pembuluh darah yang mengakibatkan gejala gagal jantung.

Sayangnya, kolesterol dan lemak ini masuk di tiap harinya melalui makanan yang dikonsumsi. Oleh karenanya, Anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan.

Nah, beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari tentunya adalah makanan yang mengandung lemak dan kolesterol. Apa saja itu ?

Pertama, makanan yang harus dihindari penyakit jantung yang menghasilkan lemak adalah daging sapi. Anda sebaiknya menghindarinya karena daging sapi ini mengandung lemak sekitar 125 mg.

Kedua adalah belut yang mana akan menyumbangkan asupan lemak sekitar 185 mg. Ketiga adalah cokelat yang mana mengandung lemak sebesar 290 mg.

Untuk yang keempat adalah kuning telur yang notabenenya mengandung 550 mg. Kemudian kelima adalah jeroan kambing yang kandungan lemaknya ekstra besar yakni sekitar 600 mg.

Sementara yang keenam adalah otak sapi dan otak kambing. Potensi penyumbatan akan sangat besar karena kandungan lemaknya sangatlah tinggi yakni sekitar 2000 mg.

Nah, selain dari makanan yang harus dihindari penyakit jantung yang mengandung lemak, Anda juga wajib waspada dengan jenis makanan  yang berkolesterol seperti makanan yang digoreng.

Selain makanan yang digoreng, makanan seperti seafood juga tidak direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan kolesterolnya yang cukup besar yakni sekitar 145 mg.

Intinya, Anda sebaiknya mengurungkan niat Anda menikmati jenis makanan tersebut. Meskipun rasanya enak, namun mengancam kesehatan sehingga mau tidak mau Anda sebaiknya menjauhinya mulai saat ini.

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Jantung


Ketika banyak jenis makanan harus dihindari, lalu apa yang harusnya dikonsumsi? Sebuah pertanyaan yang memang wajar untuk dicari tahu kejelasannya. Karena Anda juga butuh melanjutkan hidup, dan uniknya hidup bergantung dengan makanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memilih banyak sekali jenis makanan yang tidak menimbulkan resiko penyakit jantung tersebut.

Coba perhatikan yang bukan merupakan makanan yang harus dihindari penyakit jantung di bawah ini!

Pertama adalah makanan yang kaya akan serat, likopen dan beta karotin. Makanan yang mengandung zat tersebut nantinya akan berguna untuk mengontrol kolesterol sehingga mampu mengurangi terjangkitnya serangan penyakit jantung.

Diantara jenis makanan yang mengandung zat baik tersebut adalah sayur-sayuran hijau, tomat serta wortel. Sayuran ini kaya akan kandunga berharga yang nantinya bermanfaat untuk mengatasi lonjakan kolesterol dalam darah yang memicu serangan jantung.

Jenis kedua yang bukan merupakan makanan yang harus dihindari penyakit jantung adalah makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Pasalnya, omega 3 ini bermanfaat sekali untuk menyehatkan jantung serta menyehatkan pembuluh darah. Jenis makanan yang mengandung omega 3 ini beragam sekali. Diantaranya adalah ikan tuna, makarel.

Untuk mengimbanginya, konsumsi juga buah-buahan, terutama yang mengandung flavanoid seperti buah apel dan anggur. Buah-buahan jenis ini nantinya akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Masih banyak lagi jenis makanan yang baik untuk penderita jantung konsumsi. Yang jelas, jangan pernah mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak dan kolesterol secara berlebihan karena ini adalah sumber dari penyakit jantung.

Untuk berjaga-jaga, Anda sebaiknya memperhatikan berapa jumlah kapasitas asupan yang seharunya dipenuhi. Untuk lemak, pastikan asupannya di bawah 30 persen dari asupan kalori.

Sementara untuk asupan karbohidrat, penuhilah asupannya sekitar 50-60% dari total kalori yang Anda konsumsi di tiap harinya.

Kesimpulannya, lakukan penanganan segera dengan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, perhatikan juga makanan yang harus dihindari penyakit jantung supaya resiko terkena serangan jantung mendadak tidak akan pernah terjadi. Jadi, mari budayakan untuk mengatur pola makan yang lebih sehat mulai saat ini.

Artikel Terkait

Sebelumnya